Wednesday, September 20, 2017

Tentang Aib Manusia


Dalam Surat Al Hasr Ayat 18 Allah SWT berfirman:
"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan."
 Allah memperingatkan manusia yang beriman, dalam hal ini tentunya umat muslim untuk memperhatikan apa yang telah dilakukan, baik itu perbuatan maupun perkataan.

Aib manusia terkadang lebih berharga daripada nyawa manusia itu sendiri. Orang rela untuk menghabisi nyawanya atau nyawa orang lain hanya demi bisa menutupi aibnya sendiri.

Allah SWT yang Maha Mengetahui aib kita, sepandai apapun kita menyembunyikannya. Allah SWT pun sangat faham bahwa manusia itu tempatnya salah dan dosa tidak terkecuali aib. Dengan aib lah Allah SWT membuat manusia untuk senantiasa menggantungkan diri dan aibnya hanya kepada Allah semata. Kita tentu tidak bisa membayangkan jika Allah menampakkan semua aib kita. Seperti kata seorang Ulama salaf terdahulu, andaikan aib itu berupa bau, tentunya engkau tak akan mau duduk di sebelahku dan diantara kalian sendiri. Hal ini menunjukkan betapa Allah sangat menyayangi kita dengan menutup aib-aib yang dimiliki oleh hamba-Nya.

Saat kita mengetahui aib seseorang, atau bahkan orang yang kita kenali. Kita disarankan untuk menutup aib mereka, karena dengan kita menutup aib mereka maka Allah akan menutup aib kita sendiri.

Wallahua'lam bis showaab

0 comments:

Post a Comment